11 April 2009

Bendungan Aswan


Peta yang menunjukkan lokasi bendungan (danau Nasser)

Bendungan Aswan adalah bendungan yang terletak di kota Aswan, Mesir. Kota Aswan adalah kota di "katarak" sungai Nil di Mesir. Dua dam membendung sungai pada titik ini: Bendungan Tinggi Aswan (bahasa Arab السد العالي; alih aksara: as-Sad al-'Aly) yang lebih baru dan Bendungan Aswan yang lama atau Bendungan Rendah Aswan.

Tanpa dibendung, sungai Nil akan banjir setiap tahun semasa musim panas, karena air dari Afrika Timur mengalir masuk di sungai ini. Banjir-banjir ini membawa banyak zat nutrisi dan mineral yang membuat tanah di sekitar sungai Nil menjadi subur dan ideal menjadi tanah pertanian. Sementara penduduk di sekitar sungai ini berkembang, muncul kebutuhan untuk mengontrol air banjir demi melindungi tanah pertanian dan perkebunan katun. Dalam sebuah tahun dengan tingkat air yang tinggi, keseluruhan panen bisa saja habis diseret banjir, sementara dalam sebuah tahun dengan tingkat air rendah, ada kekeringan dan kelaparan. Tujuan proyek air ini adalah demi menanggulangi banjirnya sungai, menciptakan tenaga listrik dan menyediakan air irigasi untuk pertanian.

2 komentar:

Anonymous said...

bang endri....berikan sesuatu yang ada pada diri bang endri supaya aku bisa mempelajari apa yang pernah aku alami selama kita bersama....ok!

Endri Mulliadi said...

Yup.... Met datang yah.. moga kita bisa saling berbagi.. mari kita sama-sama saling mengisi dan melengkapi karna Islam mengajarkan kita untuk demikian. semoga

Post a Comment

 

©2009 ENDRI MULLIADI | by TNB